Senin, 06 Oktober 2014

RPP Lebak Wangi Kelas 5 Pb 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SATUAN PENDIDIKAN    : SD NEGERI LEBAK WANGI I
KELAS / SEMESTER           : V / 1
TEMA                                    : 2. PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN
SUB TEMA                           : 1. Macam – macam Peistiwa dala Kehidupan
PEMBELAJARAN               : 2 ( dua )
WAKTU                                : 7 Jam x 35 menit ( 1 Pertemuan )
A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda  yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
B.      KOMPETENSI DASAR
Seni Budaya dan Prakarya
1.1   Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.1  Mengenal prinsip seni dalam menggambar  komik, dekoratif dan membentuk topeng
       Nusantara.
4.1  Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil
       pengamatan.
                Indikator :
3.1.1 Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
4.1.1 Menggambar ilustrasi tentang manfaat air.
ILMPU PENGETAHUAN ALAM
3.6 Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup.
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut  tidak diatasi.
                Indikator :
3.6.1 Menjelaskan pentingnya air bagi kelangsungan hidup manusia dan peristiwa di bumi
4.7.1 Menyampaikan teks penjelasan tentang pentingnya air
PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
Indikator :
3.1.1 Memahami cara tangkap bola dengan kontrol yang baik (sepak bola dan bola basket)
4.1.1 Lempar tangkap bola dengan kontrol yang baik (sepak bola dan bola basket).
BAHASA INDONESIA
3.2 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
3.2.1 Menggambarkan pentingnya peran air dalam kehidupan manusia melalui sebuah cerita
4.1.1 Menjelaskan secara lisan tentang pentingnya air bagi kehidupan manusia

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik dapat mengetahui caracara menangkap bola basket dengan tertib.
• Dengan bermain “Tangkap Ceritaku”, peserta didik dapat menunjukkan cara menangkap bola basket dengan kontrol yang tepat secara percaya diri.
•Dengan mengamati teks bacaan, peserta didik dapat menemukan kosa kata baru  dengan teliti.
• Dengan menemukan kosa kata baru, peserta didik dapat menjelaskan isi bacaan tentang peranan air dalam kehidupan dengan percaya diri.
• Dengan menjelaskan isi bacaan, peserta didik dapat mempresentasikan manfaat dan peran air bagi kehidupan bersama kelompoknya dengan percaya diri.
• Dengan membuat proyek “Jejak Air” peserta didik dapat menjelaskan pentingnya air bagi kelangsungan hidup hidup manusia secara mandiri.
• Dengan membuat proyek “Jejak Air”, peserta didik dapat menyajikan penjelasan tentang pentingnya air secara mandiri.
•Dengan membuat proyek “Jejak Air”, peserta didik dapat menggambar ilustrasi tentang manfaat air dalam kehidupan, dapat memahami tentang proporsi dan komposisi secara cermat.
D.      MATERI AJAR (SBdP, IPA, PJOK, Bahasa Indonesia)
a.       SBdP
                                                               i.      Prinsip – prinsip seni dalam berkarya seni rupa
                                                             ii.      Ilustrasi tentang manfaat air
b.      IPA
                                                               i.      Pentingnya air bagi kelangsungan hidup manusia dan peristiwa di bumi
                                                             ii.      Pentingnya air
c.       PJOK
                                                               i.      Cara menangkap bola dengan kontrol yang baik
                                                             ii.      Lempar tangkap bola dengan kontrol yang baik
d.      BAHASA INDONESIA
                                                               i.      Menggambarkan pentingnya peran air dalam kehidupan manusia  melalui sebuah cerita
                                                            ii.      Memberikan penjelasan mengenai pentingnya air bagi kehidupan manusia
E.       METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
a.       Metode               : Tanya jawab dan diskusi
b.      Pendekatan       : Scientific ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan, menalar)
F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
a.       Media dan alat : bola basket, buku, teks bacaan tentang peranan dan manfaat air
b.      Sumber                : Buku siswa tema 2 “Peristiwa dalam Kehidupan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 10 – 18.
G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan meminta petugas piket untuk memimpin doa.
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik
·         Peserta didik diminta untuk mengecek kebersihan kelas, membersihkan sampah yang berada di laci meja.
·         Guru menceritakan pengalaman pribadi guru mengenai hal-hal yang tidak menyenangkan, lalu meminta siswa menceritakan pengalaman menggembirakannya dengan media lempar tangkap bola.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari yaitu: manfaat air dalam kehidupan manusia.
10 menit
Kegiatan Inti
·           Peserta didik dipersilahkan  untuk istirahat sejenak untuk minum
·           Peserta didik dikelompokkan menjadi 5 kelompok dengan masing-masing kelompok 5 orang
·           Siswa menjelaskan pentingnya air bagi manusia
AYO AMATI
·         Peserta  didik mengamati gambar secara rinci (Mengamati)
·         Siswa bersama guru berdiskusi mengenai bagian-bagian dari gambar
·         Peserta didik menuliskan hal-hal yang ingin mereka ketahui di kartu tanya
·         Peserta didik membaca teks bacaan yang terdapat di buku peserta didik secara mandiri
·         Peserta didik dibimbing untuk menemukan kosa kata yang baru mereka kenal, dan menuliskannya di tabel kosa kata baru/sulit.
·         Peserta didik dibimbing untuk menemukan kosa kata yang baru mereka kenal dengan menggunakan kamus
·         Peserta didik mengikuti petunjuk penggunaan kamus yang ada di buku.
·         Peserta didik dibimbing untuk memahami arti dari kosa kata baru/sulit tersebut dengan menggunakan kalimat.
·         peserta didik mencari informasi tentang manfaat dan peran air bagi kehidupan manusia dan sekelilingnya melalui guru, bertanya pada teman, buku, dll.
·         peserta menyiapkan gambar ilustrasi sebagai bahan pendukung bagi tugas kelompoknya
·         peserta didik diberikan pemahaman mengenai proporsi dan komposisi ketika menggambar ilustrasi
AYO LAKUKAN
·         peserta didik mengidentifikasi kegiatan mereka yang membutuhkan air dari pagi hari sampai malam hari
·         peserta didik memetakan kegiatan tersebut dalam format proyek “Jejak Air”
·         peserta didik dibimbing untuk menggunakan pemahamannya tentang manfaat air dalam kehidupan dan menggambar ilustrasi dalam menyelesaikan proyek ini
·         peserta didik diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya “Jejak Air” secara mandiri dan percaya
·         peserta didik diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya.
   menit
Kegiatan Akhir/Penutup
MELAKUKAN REFLEKSI
·          melakukan pengayaan terhadap siswa dengan membagi dua kelompok , masing-masing kelompok menunjuk satu orang sebagai ketua yang duduk dikursi depan untuk menjawab kata yang berada di papan tulis.
·          Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
·          Guru mengadakan penilaian
·          Guru mengakhiri KBM dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh petugas piket.
15 menit

H.     PENILAIAN
a.       Teknik penilaian
                                                 i.     Penilaian sikap                             : sikap tertb dan sportif dalam berolah raga, kemandirian dalam mengerjakan tugas, kerjasama
                                               ii.     Penilaian pengetahuan            : cara melempar dan mengoper bola basket yang tepat, kosa kata baru dan maknanya, topik yang akan dipresentasikan, teknik menggambar ilustrasi
                                              iii.     Penilaian keterampilan            : melempar dan mengoper bola basket, menggunakan kosa kata baru pada kalimat, mencari informasi, menggunakan proporsi dan komposisi dalam menggambar ilustrasi.
b.      Bentuk Instrumen Penilaian
                                                 i.     Rubrik Lempar - Tangkap Bola Basket
                  Kompetensi yang dinilai :
-  Pengetahuan peserta didik tentang cara melempar dan mengoper bola basket yang tepat
-  Keterampilan peserta didik dalam melempar dan mengoper bola basket
-  Sikap tertib dan sportifitas peserta didik dalam berolah raga

                                              ii.     Rubrik Daftar Kosa Kata Baru
Kompetensi yang dinilai :
-  Pengetahuan peserta didik tentang kosa kata baru dan maknanya
-  Keterampilan peserta didik dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik 
   dan benar dalam menuliskan definisi kosa kata baru
-  Keterampilan peserta didik dalam menggunakan kosa kata baru pada kalimat
-  Sikap kemandirian peserta didik dalam mengerjakan tugas

                                            iii.     Rubrik Presentasi Kelompok
Kompetensi yang dinilai :
-  Pengetahuan peserta didik tentang topik yang akan dipresentasikan “Manfaat air bagi lingkungan sekitar”
-  Keterampilan peserta didik dalam mencari informasi
-  Keterampilan peserta didik dalam menyajikan informasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
-  Sikap kerjasama


                                             iv.     Rubrik membuat gambar ilustrasi
Kompetensi yang dinilai :
-  Pengetahuan peserta didik tentang teknik menggambar ilustrasi
-  Keterampilan peserta didik dalam menggunakan proporsi dan komposisi dalam menggambar ilustrasi
-  Sikap kemandirian peserta didik dalam mengerjakan tugas



                    Parung, 24 September 2014
Guru Pamong                                                                                  Guru Kelas


Tuti Wardiyani, S.Pd                                                                    Fitriani Wahyu Setyaningrum
NIP. 196802031989102002
Mengetahui
Kepala SDN  LEBAK WANGI I



Nurmidah Gultom, D.Pd
NIP. 195709141976012001






Tidak ada komentar:

Posting Komentar