KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS V (LIMA) sd / mi
Tema
: Kerukunan Dalam Bermasyarakat
Subtema
: Hidup Rukun
Pembelajaran
Kedua
Satuan
Pendidikan : SDN Lebakwangi
Kelas
/ Semester : V (Lima) / 1
Nama
Guru Magang : Fitriani Wahyu Setyaningrum
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Lebakwangi
Kelas/Semester : V (Lima)/I (Satu)
Tema : Kerukunan Dalam Bermasyarakat
Subtema : Hidup Rukun
Pembelajaran : Kedua
Alokasi Waktu : 3 x Pertemuan (3 x 35
menit)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba (mendengar, melihat dan
membaca) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis serta sistematis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
IPA
3.3
Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat
magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3
Merancang dan membuat rangkaian seri dan paralel
menggunakan arus
searah
C.
Indikator
IPA
Ø Mengidentifikasi
berbagai sumber listrik
Ø Menjelaskan
rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi
Ø Menggambar
bagan rencana rangkaian seri dan paralel .
D.
Tujuan
ü Dengan
melakukan pengamatan dan menggali informasi dari bacaan, siswa dapat
mengidentifikasikan sumber-sumber listrik dengan teliti.
ü Dengan
menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menceritakan macam-macam
rangkaian listrik sederhana dengan cermat
ü Dengan
menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menggambar bagan rencana
rangkaian seri dan paralel dengan teliti.
ü Dengan
melakukan demonstrasi
rangkaian listrik, siswa mampu memahami aliran
listrik baik secara seri dan paralel.
ü Dengan
memainkan alat musik ritmis, siswa dapat menjelaskan harmoni musik dengan
percaya diri. Dengan praktik, siswa bermain alat musik ritmis secara
berkelompok dengan percaya diri .
E.
Materi
IPA
dan SBdP
Ø Rangkaian seri
dan paralel
Ø Alat musik
ritmis
F.
Pendekatan
dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Metode :
Ceramah, Demonstrasi, Tanya-Jawab, Diskusi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan kegiatan sepak
bola yang dilakukan apakah membutuhkan energi dalam melakukannya?
“ ketika berolahraga
memainkan sepak bola, tadi bagaimana kuat tidak? Mengapa ketika kita bermain
sepak bola kuat dan tidak lemas ?”
Ø Guru mengaitkan antara sumber energi
melakukan aktivitas dengan sumber energi listrik.
Ø Guru
memberikan lagu IPA (sumber energi, rangkaian seri dan paralel) sebagai
pembukaan
|
20 Menit
|
Inti
|
Ayo
Membaca
Ø Setiap siswa
dalam kelompoknya di ajak untuk membaca bacaan di dalam buku.
Ø Siswa
diminta untuk menemukan kata-kata yang bukan merupakan kosakata baku.
Ø Siswa
mengidentifikasi mana kosakata yang merupakan sumber energi listrik.
Ayo Lakukan
Ø Siswa
diminta untuk berpasangan, kemudian satu siswa diberikan sebuah kertas berisi
informasi yang harus disampaikan kepada temannya dengan cara yang unik.
Ø Guru
menunjuk siswa untuk menuliskan hasil mendengarkan informasi dari temannya.
Lakukan hal ini sampai beberapa informasi yang diberikan guru selesai.
Ø Guru
memberikan penguatan setiap informasi yang disampaikan.
Ø Siswa
bersama guru melakukan demonstrasi mengenai rangkaian listrik seri dan
paralel
Ø Beberapa
siswa diminta maju, perwakilan kelompok untuk melakukan demonstrasi
Ø Siswa
diminta untuk menggambarkan bagan rangkaian seri dan paralel dengan diberikan
kesempatan untuk mencoba sendiri menyalakan lampu di rangkaian listrik.
Ø Siswa
diminta perwakilannya untuk menggambarkan bagannya di depan kelas kemudian
didiskusikan bersama-sama.
Ø Guru
memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya.
|
195 Menit
|
Penutup
|
Ø Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
Ø Siswa mengerjakan soal mengenai
sumber energi listrik dan rangkaian listrik seri dan paralel
Ø Siswa
bersama guru menyanyikan lagu IPA (sumber listrik, rangkaian seri dan
paralel)
Ø Guru
memberikan tindak lanjut pembelajaran berupa pembuatan musik/lagu mengenai pembelajaran
hari ini
|
30 Menit
|
H.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media dan alat :
rangkaian seri, kertas informasi, alat musik ritmis dari gelas, spidol
Sumber belajar :
Buku tematik terpadu kurikulum 2013 buku siswa SD/MI Kelas V tema 3-kerukunan dalam bermasyarakat.
I.
Teknik
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap :
mandiri, cermat dan teliti,
tepat waktu, rasa ingin tahu
b.
Penilaian pengetahuan :
pengetahuan mengenai sumber energi listrik dan rangkaian seri dan paralel
2. Instrumen
Penilaian
a.
Pengetahuan
Kerjakanlah soal – soal di
bawah ini :
1.
Sebutkan sumber-sumber energi listrik !
2.
Apakah pengertian rangkaian seri ?
3.
Apakah pengertian rangkaian paralel ?
4.
Sebutkan perbedaan antara rangkaian seri dan
paralel ?
|
Kunci jawaban :
1.
Batu baterai, aki, minyak, gelombang laut,
batubara, panas bumi, energi pasang surut, matahari, air yang oleh turbin,
dll
2.
Rangkaian seri adalah rangkaian alat listrik
yang disusun secara berurutan
3.
Rangkaian paralel adalah rangkaian alat
listrik yang disusun secara bertingkat atau sejajar.
4.
Seri :disusun secara berurutan, jika salah satu lampu padam maka lampu yang
lain akan padam, arus listrik yang mengalir di kedua lampu mempunyai besar
yang sama.
Paralel
: disusun secara bertingkat atau sejajar, jika satu lampu padam, maka yang
lainnya akan tetap menyala,
|
b.
Penilaian Sikap
No
|
Sikap
|
Belum terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1.
|
Mandiri
|
|
|
|
|
|
2.
|
Cermat dan teliti
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tepat waktu
|
|
|
|
|
|
4
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
Parung, 29 Oktober 2014
Guru
Pamong Kelas IV Guru
Magang
R. Ida Wardatul M, S.Pd Fitriani Wahyu Setyaningrum
Mengetahui,
Kepala
SD Negeri Lebakwangi
N.
Nurmidah Gultom
![]() | |
![]() | |
![]() |



Tidak ada komentar:
Posting Komentar