Kamis, 23 Oktober 2014

Laporan Lesson Studi di SD N Lebakwangi


Laporan Lesson Studi

Di SD Negeri Lebakwangi
 

Kelompok :

1.      Sapto Prio Wawan Hadi Wibowo

2.      Abdi Husni Dermawan

3.      Fitriani Wahyu Setyaningrum

Materi :

Kelas 6, IPA, materi isolator dan konduktor

Guru model   : Fitriani Wahyu Setyaningrum

Observer        :

1.      Sapto Prio Wawan Hadi Wibowo

2.      Abdi Husni Dermawan

3.      Budi Iskandar

4.      Komalasari

 

Refleksi hasil lesson studi dari para observer :

1.      Sapto Prio Wawan Hadi Wibowo

a.       Guru terlalu banyak berdiri di depan sehingga jarang kebelakang jadi siswa-siswi di belakang sibuk sendiri

b.      Ada kegiatan siswa yang aktif sendiri sehingga ada peristiwa gelas pecah

c.       Waktu yang dipakai melebihi dari perencanaan di RPP

2.      Abdi Husni Dermawan

a.       Focus perhatian guru hanya pada siswa yang aktif saja

b.      Jangan segan-segan menegur siswa yang melakukan kesalahan

c.       LKS yang diberikan kepada siswa perlu penjelasan

d.      Keamanan di kelas dilupakan ya??

e.       Lebih dari 50% siswa tidak memperhatikan guru

f.       Pencapaian materi minim di siswa-siswi

3.      Budi Iskandar

a.       Pembukaan yang belum maksimal

b.      Tujuan belum tersampaikan dengan baik

c.       Kurang menguasai kelas

d.      Pemanfaatan media hanya ke siswa saja

e.       Interaksi guru dengan siswa masih kurang

f.       Interaksi siswa dengan siswa masih main-main

g.      Materi ada yang belum tersampaikan seharusnya ke siswa sd

h.      Kesesuaian metode dengan karakteristik siswa belum tepat

i.        Belum sempat melakukan penilaian

4.      Ibu Komalasari

a.       Mengabsen siswa tidak perlu satu persatu

b.      Penjelasan kepada siswa cukup di awal saja

c.       Siswa kurang terkontrol

d.      Teknik presentasi sebaiknya , semua siswa presentasi baru guru melakukan penguatan

e.       Waktu terlalu lama

5.      Mba Najmi ( Mba Ami)

a.       Usahakan pengelompokkan dilakukan atau di setting sendiri oleh guru

b.      Perhatikan tempat duduk siswa ( karena ini kelas besar maka harus sepntar mungkin mengatur posisi duduk)

c.       Interaksi antar siswa diperhatikan lagi ya J

d.      Penilaian untuk point interaksi belum ada, jadi harus disiapkan ya J

e.       Harus ada catatan tentang siswa di kelas, bis diminta dari guru atau teman yang pernah mengajar di kelas tersebut. Hal ini dapat berguna untuk memberikan tindakan yang tepat sesuai karakter siswa

f.       Aturan eksperimen harus jelas langkah-langkahnya ya

g.      Jika ada orang asing masuk dalam kelas jangan lupa diperkenalkan ke siswa-siswa

h.      Aturan kelas di awal sudah dijelaskan dengan baik dan detail agar siswa dapat tertib

i.        Guru harus lebih tegas dan peka

j.        Sediakan reward kelompok dan reward pribadi agar siswa lebih termotivasi

k.      Tentukan ketua kelompok, sekretaris dan keamanan dari setiap kelompok.

l.        Untuk kelas 6, coba lakukan tantangan kepada siswa-siswanya ya

m.    Presentasi setelah eksperimen dapat diganti dengan kegiatan lain yang memiliki tujuan yang sama , agar lebih efektif pembelajarannya (misalkan menulis hasil laporan di papan tulis )

n.      Evaluasi ga usah di bahas di kelas juga ga apa2 ko …jadi kalo evaluasi bisa jadi renungan kita aja, refleksi sejauh mana siswa memahami materi yang telah kita berikan

o.      Refleksinya sedikit sekali, kalu grouping bisa tebak-tebakan .

 

 

 

Penilian praktikum mengajar :

No
Aspek yang dinilai
Skor
Skore total
Score maksimal
Obser 1
Obser 2
Obser 3
Obser 4
1
Pra pembelajaran
8
5
8
7
28
32
2
Membuka pembelajaran
4
3
10
10
30
36
3
Kegiatan inti pembelajaran
68
70
93
101
332
416
4
Penutup
0
9
11
11
31
36



Yang harus diperbaiki di kegiatan inti :

1.      Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

2.      Penguasaan kelas

3.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

4.      Penggunaan media yang efektif dan efisien

5.      Merespon positif partisipasi siswa

6.      Memfasilitasi terjadinya interaksi siswa, guru, dan sumber belajar

7.      Menunjukkan respon terbuka terhadap siswa

8.      Memantau kemajuan belajar siswa

Penilaian RPP

No
Komponen
 
Skor
Skor Total
Skor maksimal
O bsr 1
Obsr 2
O bsr 3
O bsr 4
1
Perumusan Masalah
6
11
11
11
39
48
2
Rumusan Kompetensi dan Indikatornya
12
9
12
12
45
48
3
Pemilihan dan Pengorganisasian Materi Ajar
13
11
14
15
53
64
4
Pemilihan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
11
11
11
12
45
48
5
Strategi Pembelajaran
15
12
14
15
56
64
6
Penilaian Hasil Belajar
0
7
11
12
30
48

Yang harus diperbaiki di RPP :

1.      Keseuian materi ajar dan cara penyampaiannya dengan karakter siswa

2.      Keruntutan materi dan alokasi waktu

3.      Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik

4.      Kesesuaian penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu

5.      Kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi

6.      Kejelasan prosedur penilaian


 

Dari lesson studi ini hikmah yang saya dapatkan adalah :

1.      Lesson study ini menjadi benar-benar bermakna dari pada lesson study sebelumnya

2.      Mendapat banyak masukan dari para observer, ya meski terkadang berfikirnya seperti salah sendiri, tapi memang masukan yang diberikan bermanfaat sekali buat pembelajaran kedepannya

3.      Mendapat solusi konkret dari observer

4.      Lebih dekat dengan guru kelas 6 …hehehe
                                                                                         Bumi Pengembngan Insani, 24 Okt 2014
                                                                                          Fitriani Wahyu Setyaningrum
                                                                                          _PIPIT BIOLOGI_
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar