Laporan Lesson Studi
Di SD Negeri Lebakwangi
Kelompok :
1.
Sapto
Prio Wawan Hadi Wibowo
2.
Abdi
Husni Dermawan
3.
Fitriani
Wahyu Setyaningrum
Materi :
Kelas 6, IPA, materi isolator dan
konduktor
Guru model : Fitriani
Wahyu Setyaningrum
Observer :
1.
Sapto
Prio Wawan Hadi Wibowo
2.
Abdi
Husni Dermawan
3.
Budi
Iskandar
4.
Komalasari
Refleksi hasil
lesson studi dari para observer :
1.
Sapto
Prio Wawan Hadi Wibowo
a.
Guru
terlalu banyak berdiri di depan sehingga jarang kebelakang jadi siswa-siswi di
belakang sibuk sendiri
b.
Ada kegiatan
siswa yang aktif sendiri sehingga ada peristiwa gelas pecah
c.
Waktu
yang dipakai melebihi dari perencanaan di RPP
2.
Abdi
Husni Dermawan
a.
Focus
perhatian guru hanya pada siswa yang aktif saja
b.
Jangan
segan-segan menegur siswa yang melakukan kesalahan
c.
LKS
yang diberikan kepada siswa perlu penjelasan
d.
Keamanan
di kelas dilupakan ya??
e.
Lebih
dari 50% siswa tidak memperhatikan guru
f.
Pencapaian
materi minim di siswa-siswi
3.
Budi
Iskandar
a.
Pembukaan
yang belum maksimal
b.
Tujuan
belum tersampaikan dengan baik
c.
Kurang
menguasai kelas
d.
Pemanfaatan
media hanya ke siswa saja
e.
Interaksi
guru dengan siswa masih kurang
f.
Interaksi
siswa dengan siswa masih main-main
g.
Materi
ada yang belum tersampaikan seharusnya ke siswa sd
h.
Kesesuaian
metode dengan karakteristik siswa belum tepat
i.
Belum
sempat melakukan penilaian
4.
Ibu Komalasari
a.
Mengabsen
siswa tidak perlu satu persatu
b.
Penjelasan
kepada siswa cukup di awal saja
c.
Siswa
kurang terkontrol
d.
Teknik
presentasi sebaiknya , semua siswa presentasi baru guru melakukan penguatan
e.
Waktu
terlalu lama
5.
Mba Najmi
( Mba Ami)
a.
Usahakan
pengelompokkan dilakukan atau di setting sendiri oleh guru
b.
Perhatikan
tempat duduk siswa ( karena ini kelas besar maka harus sepntar mungkin mengatur
posisi duduk)
c.
Interaksi
antar siswa diperhatikan lagi ya J
d.
Penilaian
untuk point interaksi belum ada, jadi harus disiapkan ya J
e.
Harus
ada catatan tentang siswa di kelas, bis diminta dari guru atau teman yang
pernah mengajar di kelas tersebut. Hal ini dapat berguna untuk memberikan
tindakan yang tepat sesuai karakter siswa
f.
Aturan
eksperimen harus jelas langkah-langkahnya ya
g.
Jika
ada orang asing masuk dalam kelas jangan lupa diperkenalkan ke siswa-siswa
h.
Aturan
kelas di awal sudah dijelaskan dengan baik dan detail agar siswa dapat tertib
i.
Guru
harus lebih tegas dan peka
j.
Sediakan
reward kelompok dan reward pribadi agar siswa lebih termotivasi
k.
Tentukan
ketua kelompok, sekretaris dan keamanan dari setiap kelompok.
l.
Untuk
kelas 6, coba lakukan tantangan kepada siswa-siswanya ya
m.
Presentasi
setelah eksperimen dapat diganti dengan kegiatan lain yang memiliki tujuan yang
sama , agar lebih efektif pembelajarannya (misalkan menulis hasil laporan di
papan tulis )
n.
Evaluasi
ga usah di bahas di kelas juga ga apa2 ko …jadi kalo evaluasi bisa jadi
renungan kita aja, refleksi sejauh mana siswa memahami materi yang telah kita
berikan
o.
Refleksinya
sedikit sekali, kalu grouping bisa tebak-tebakan .
Penilian
praktikum mengajar :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Skore total
|
Score maksimal
|
|||
Obser
1
|
Obser
2
|
Obser
3
|
Obser
4
|
||||
1
|
Pra pembelajaran
|
8
|
5
|
8
|
7
|
28
|
32
|
2
|
Membuka pembelajaran
|
4
|
3
|
10
|
10
|
30
|
36
|
3
|
Kegiatan inti
pembelajaran
|
68
|
70
|
93
|
101
|
332
|
416
|
4
|
Penutup
|
0
|
9
|
11
|
11
|
31
|
36
|
Yang harus diperbaiki
di kegiatan inti :
1.
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
2.
Penguasaan
kelas
3.
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
4.
Penggunaan
media yang efektif dan efisien
5.
Merespon
positif partisipasi siswa
6.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi siswa, guru, dan sumber belajar
7.
Menunjukkan
respon terbuka terhadap siswa
8.
Memantau
kemajuan belajar siswa
Penilaian RPP
No
|
Komponen
|
Skor
|
Skor Total
|
Skor maksimal
|
|||
O bsr 1
|
Obsr 2
|
O bsr 3
|
O bsr 4
|
||||
1
|
Perumusan Masalah
|
6
|
11
|
11
|
11
|
39
|
48
|
2
|
Rumusan Kompetensi dan Indikatornya
|
12
|
9
|
12
|
12
|
45
|
48
|
3
|
Pemilihan dan Pengorganisasian Materi Ajar
|
13
|
11
|
14
|
15
|
53
|
64
|
4
|
Pemilihan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
|
11
|
11
|
11
|
12
|
45
|
48
|
5
|
Strategi Pembelajaran
|
15
|
12
|
14
|
15
|
56
|
64
|
6
|
Penilaian Hasil Belajar
|
0
|
7
|
11
|
12
|
30
|
48
|
Yang harus
diperbaiki di RPP :
1.
Keseuian
materi ajar dan cara penyampaiannya dengan karakter siswa
2.
Keruntutan
materi dan alokasi waktu
3.
Kesesuaian
strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik
4.
Kesesuaian
penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu
5.
Kesesuaian
teknik penilaian dengan kompetensi
6.
Kejelasan
prosedur penilaian
Dari lesson
studi ini hikmah yang saya dapatkan adalah :
1.
Lesson
study ini menjadi benar-benar bermakna dari pada lesson study sebelumnya
2.
Mendapat
banyak masukan dari para observer, ya meski terkadang berfikirnya seperti salah
sendiri, tapi memang masukan yang diberikan bermanfaat sekali buat pembelajaran
kedepannya
3.
Mendapat
solusi konkret dari observer
4.
Lebih
dekat dengan guru kelas 6 …hehehe
Bumi Pengembngan Insani, 24 Okt 2014
Fitriani Wahyu Setyaningrum
_PIPIT BIOLOGI_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar