Guru
magang : Fitriani Wahyu Setyaningrum
Kelas
: 5b
Materi
: Tema 3, pembelajaran 2
Waktu
: Rabu, 29 Oktober
2014
Evaluasi
Oleh Mba Najmi :
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan kegiatan sepak
bola yang dilakukan apakah membutuhkan energi dalam melakukannya?
“ ketika berolahraga
memainkan sepak bola, tadi bagaimana kuat tidak? Mengapa ketika kita bermain
sepak bola kuat dan tidak lemas ?”
Ø Guru mengaitkan antara sumber energi
melakukan aktivitas dengan sumber energi listrik.
Ø Guru
memberikan lagu IPA (sumber energi, rangkaian seri dan paralel) sebagai
pembukaan
|
20 Menit
|
Inti
|
Ayo
Membaca
Ø Setiap siswa
dalam kelompoknya di ajak untuk membaca bacaan di dalam buku.
Ø Siswa
diminta untuk menemukan kata-kata yang bukan merupakan kosakata baku.
Ø Siswa
mengidentifikasi mana kosakata yang merupakan sumber energi listrik.
Ayo Lakukan
Ø Siswa
diminta untuk berpasangan, kemudian satu siswa diberikan sebuah kertas berisi
informasi yang harus disampaikan kepada temannya dengan cara yang unik.
Ø Guru
menunjuk siswa untuk menuliskan hasil mendengarkan informasi dari temannya.
Lakukan hal ini sampai beberapa informasi yang diberikan guru selesai.
Ø Guru
memberikan penguatan setiap informasi yang disampaikan.
Ø Siswa
bersama guru melakukan demonstrasi mengenai rangkaian listrik seri dan
paralel
Ø Beberapa
siswa diminta maju, perwakilan kelompok untuk melakukan demonstrasi
Ø Siswa
diminta untuk menggambarkan bagan rangkaian seri dan paralel dengan diberikan
kesempatan untuk mencoba sendiri menyalakan lampu di rangkaian listrik.
Ø Siswa
diminta perwakilannya untuk menggambarkan bagannya di depan kelas kemudian
didiskusikan bersama-sama.
Ø Guru
memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya.
|
195 Menit
|
Penutup
|
Ø Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
Ø Siswa mengerjakan soal mengenai
sumber energi listrik dan rangkaian listrik seri dan paralel
Ø Siswa
bersama guru menyanyikan lagu IPA (sumber listrik, rangkaian seri dan
paralel)
Ø Guru
memberikan tindak lanjut pembelajaran berupa pembuatan musik/lagu mengenai pembelajaran
hari ini
|
30 Menit
|
Evaluasi
:
-Pembukaan
:
1. Belum memberikan gambaran manfaat
bagi peserta didik
2. Mengawali pembelajaran belum dengan ceria
3. belum memberikan scenario pembelajaran
kepada siswa
-
Isi
1. Pengelolaan kelas masih harus
ditingkatkan
2. ketegasan di awal kepada siswa
masih kurang
3. system reward dan punishment
belum berjalan padahal sudah ada medianya
4. penilaian proses belum ada
5. interaksi antara siswa dengan
siswa masih kurang
6. waktu pembelajaran yang terlewat
7. ada beberapa kegiatan yang tidak
terlaksana, sehingga dibawa pulang (PR)
Pelajaran
untuk selanjutnya adalah :
1.
Pelajari dengan baik cara pengelolaan kelas
2.
Penilaian proses coba dilakukan benar-benar ya
3.
Berusaha lebih tegas dalam menyampaikan kesepakatan
kelas
4.
Menimbulkan semangat belajar ya J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar