Jumat, 31 Oktober 2014

Laporan Observasi ke 2 @ SDN Lebakwangi


Laporan Observasi Mengajar Ke 2


 

 

Guru magang : Fitriani Wahyu Setyaningrum

Kelas               : 5b

Materi              : Tema 3, pembelajaran 2

Waktu               : Rabu, 29 Oktober 2014

Evaluasi Oleh Mba Najmi :

            Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø Guru melakukan apersepsi dengan  menanyakan kegiatan sepak bola yang dilakukan apakah membutuhkan energi dalam melakukannya?
“ ketika berolahraga memainkan sepak bola, tadi bagaimana kuat tidak? Mengapa ketika kita bermain sepak bola kuat dan tidak lemas ?”
Ø Guru mengaitkan antara sumber energi melakukan aktivitas dengan sumber energi listrik.
Ø Guru memberikan lagu IPA (sumber energi, rangkaian seri dan paralel) sebagai pembukaan
20 Menit
Inti
Ayo Membaca
Ø Setiap siswa dalam kelompoknya di ajak untuk membaca bacaan di dalam buku.
Ø Siswa diminta untuk menemukan kata-kata yang bukan merupakan kosakata baku.
Ø Siswa mengidentifikasi mana kosakata yang merupakan sumber energi listrik.
Ayo Lakukan
Ø Siswa diminta untuk berpasangan, kemudian satu siswa diberikan sebuah kertas berisi informasi yang harus disampaikan kepada temannya dengan cara yang unik.
Ø Guru menunjuk siswa untuk menuliskan hasil mendengarkan informasi dari temannya. Lakukan hal ini sampai beberapa informasi yang diberikan guru selesai.
Ø Guru memberikan penguatan setiap informasi yang disampaikan.
Ø Siswa bersama guru melakukan demonstrasi mengenai rangkaian listrik seri dan paralel
Ø Beberapa siswa diminta maju, perwakilan kelompok untuk melakukan demonstrasi
Ø Siswa diminta untuk menggambarkan bagan rangkaian seri dan paralel dengan diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri menyalakan lampu di rangkaian listrik.
Ø Siswa diminta perwakilannya untuk menggambarkan bagannya di depan kelas kemudian didiskusikan bersama-sama.
Ø Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya.
195 Menit
Penutup
Ø Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
Ø Siswa mengerjakan soal mengenai sumber energi listrik dan rangkaian listrik seri dan paralel
Ø Siswa bersama guru menyanyikan lagu IPA (sumber listrik, rangkaian seri dan paralel)
Ø Guru memberikan tindak lanjut pembelajaran berupa pembuatan musik/lagu mengenai pembelajaran hari ini
30 Menit

Evaluasi :

-Pembukaan :

            1. Belum memberikan gambaran manfaat bagi peserta didik

            2.  Mengawali pembelajaran belum dengan ceria

            3. belum memberikan scenario pembelajaran kepada siswa

- Isi

            1. Pengelolaan kelas masih harus ditingkatkan

            2. ketegasan di awal kepada siswa masih kurang

            3. system reward dan punishment belum berjalan padahal sudah ada medianya

            4. penilaian proses belum ada

            5. interaksi antara siswa dengan siswa masih kurang

            6. waktu pembelajaran yang terlewat

            7. ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana, sehingga dibawa pulang (PR)

Pelajaran untuk selanjutnya adalah :

1.      Pelajari dengan baik cara pengelolaan kelas

2.      Penilaian proses coba dilakukan benar-benar ya

3.      Berusaha lebih tegas dalam menyampaikan kesepakatan kelas

4.      Menimbulkan semangat belajar ya J

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar