Jumat, 31 Oktober 2014

Hasil kreasi guru SGI

 
 Hasil Kreasi Guru di Sekolah Guru Indonesia
Bidang UKM, SGI 7
Dompet Dhuafa
 

 

Tempe Daun Singkong

 
          Sebagai seorang guru sudah biasa nampaknya jika membuat RPP, media pembelajaran, dan segala atribut mengenai pembelajaran, namun bagaimana jika guru SGI membuat tempe berbahan dasar daun singkong ? bagaimanakah rasanya ?.
         Nah ini dia yang menarik, selain dituntut untuk dapat mengajar, di SGI ini kami dituntut pula untuk dapat berkreasi dalam pemberdayaan masyarakat. Daerah yang menjadi sasaran kami adalah adalah desa Jampang, RW 06, dimana di desa ini banyak terdapat lahan yang ditanami singkong. Produksi daun singkong melimpah, namun pemanfaatannya baru sekedar disayur saja, oleh karena itu kami sebagai tim UKM bermaksud menambah nilai ekonomis daun singkong ini dan salah satu caranya adalah dengan diubah menjadi tempe daun singkong. Mengapa kami memilih menjadi tempe ? hal ini karena tempe disenangi oleh berbagai kalangan dan produksi pembuatan tempe ini pun mudah sekali.
           Proses pembuatannya sama seperti membuat tempe dari kacang kedelai, dan tentunya menggunakan Rhozopus oryzae, dan hasilnya bisa teman-teman lihat :-)
 
hasil dari tempe ini kemudian kami jadikan nugget tempe daun singkong, dan hasil makanannya pun ueeenak loooh, meskipun ndak ada fotonya, namun rasanya seperti daging. So terimakasih ya teman2 UKM Sekolh Guru Indonesia , Dompet Dhuafa...
Mas Dena, Uda Ricki, Mas sapto, Mba Ilfa, Teh Elis, Mba Frima, Mba Siti, Neng Fitri, dan Uni Sasni...
Go UKM
                                                                                                              Bumi Allah, 1 November 2014
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar